Senin, 21 April 2014

perayaan RA kartini SMA Bina Machmud

PERAYAAN R.A. KARTINI ALA SMA BINA MACHMUD
Siapa yang tidak kenal dengan RA kartini?, semua pasti hafal dengan perempuan yang dikatakan melakukan perlawanan terhadap perlakuan laki-laki yang menganggap remeh perempuan pada zamannya. Bahkan sering kali kita merayakan hari kelahirannya yang tepat pada tanggal 21 April.
R A kartini dilahirkan pada tanggal 21 april tahun 1979, ia memang sosok yang dikenal selalu bersikeras dengan penyamarataan kedudukan terutama dalam dunia pendidikan meskipun ia pun hanya diberikan kesempatan berpendidikan formal hingga usia 12 tahun saja karena memang harus menikah. Kartini memang sosok pemberani dalam pergerakan perempuan dalam penyama rataan terhadap kedudukan perempuan.
Tahun demi tahun sepertinya perayaan kelahiran R.A. Kartini tidak pernah absen secara seremonial dilakukan oleh seluruh instansi pemerintahan, lembaga pendidikan, organisasi perempuan bahkan organisasi masyarakat. Begitupun dengan SMA Bina Machmud, selaku lembaga pendidikan formal yang merayakan hari kelahiran ini dengan beragam kegiatan. Misalnya seluruh siswa wanita diwajibkan memakai kebaya dan siswa laki-laki nemakai peci dan baju sopan, upacara peringatan hari kartini yang para petugasnya pun para siswa wanita dan mengadakan perlombaan-perlombaan.
Kepala sekolah SMA Bina Machmud, Drs. H. Darul Qutni, MM mengungkapkan “dengan adanya perayaan kelahiran Raden Ajeng kartini ini, semoga bukan hanya acara seremonial belaka tetapi kita mencontoh semua perilaku Kartini dalam pendidikan yang memiliki tujuan, semoga tenaga pendidik wanita dapat menjadi kartini-kartini vionir bagi kemajuan para peserta didik, dapat menjadi guru yang dapat di gugu dan ditiru dalam hal kebaikan”. Qutni juga menegaskan bahwa siswa wanita di SMA Bina Machmud harus menjadi kartini-kartini yang dapat membanggakan bangsa.  
Siti Maysaroh, dalam rangka hari kartini ini saya menggunakan kebaya. Harapan saya pada hari kartini ini semoga para wanita bias lebih maju dan mandiri karena wanita sekarang pada manja, pesan saya untuk para wanita agar memotivasi dirinya sendiri untuk lebih baik, maju dan melakukan inovasi. “bersama kita harus bias mandiri jangan mementingkan diri sendiri. Saya mengajak agar para siswa di SMA Bina Machmud untuk mematuhi peraturan dan disiplin dalam segala hal”. Tegasnya dalam perayaan RA kartini disekolah.
Esih Siti Nursih, Ketua Osis SMA Bina Machmud, mengungkapkan pemakaian kebaya ini dilakukan untuk memperingati hari kelahiran Raden Ajeng kartini. Kami memperingatinya dengan perlombaan dadakan, mata lombanya yaitu fashion show, pembacaan puisi, joget dan paduan suara. Persiapan untuk kegiatan ini pun hanya 3 hari karena banyak waktu libur. Esti juga menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenang RA kartini, meniru sikap kartini bukan sekadar pintar memakai kebaya. Tegasnya yang dijumpai disela-sela perayaan hari Kartini.
Jasa RA kartini memang hal yang harus disyukuri oleh seluruh wanita karena terjadinya kesetaraan gender antara laki-laki dan wanita. Penyamaan kedudukan ini bukan lah hal yang mudah, oleh karena itu hal ini harus di indahkan agar terbentuk kartini-kartini yang baru. Pada dasarnya wanita merupakan tiangnya bangsa, Hidup Wanita Bangsa Indonesia.




Raden Ajeng Kartini
Oleh Sumiroh (MTs Al-Hamidyah)

Engkaulah Putri Sejati
Engkaulah Putri Indonesia
Engkau Pahlawan bangsa
Dan pahlawan Wanita

Wahai Ibu Kartini…
Engaku Pendekar Bangsa
Pembela kaum wanita
Demi merdeka

Kau rela mempertaruhkan nyawa
Demi wanita Indonesia
Kau sengat berjasa bagi kami
Kau adalah salah satu pahlawan wanita Indonesia
Terimakasih atas semua jasamu



Kartini
Oleh Khodijah (MTs Al-Hamidiyah)

Kau pejuang bangsa
Kau pahlawan bangsa
Kesetiaanmu terhadap bangsa
Takkan ku lupa sepanjang masa


Oh kartini…
Cantik gagah perkasa














                












Tidak ada komentar:

Posting Komentar