Rabu, 09 April 2014

pramuka pembentuk karakter

Pramuka Apembentuk Karakter Bangsa
By: Tubagus Rahmat
Pemerintah sekarang ini telah menggembor-gemborkan bahwa pendidikan harus berbasis pada pembentukan karakter bangsa. Hal ini diupayakan karena tantangan dunia masa kini yang telah membuat Indonesia kehilangan karakternya sebagai bangsa timur.
Bagaimana tidak? rakyat Indonesia khususnya kaum muda zaman sekarang ini sudah tidak mencerminkan lagi seorang yang berbangsa timur melainkan sudah terkontaminasi oleh bangsa barat yang memiliki sifat individualisme yang tinggi, penampilan yang tidak cocok di terapkan oleh bangsa timur, dan sebagainya. Melihat fenomena tersebut, maka sudah waktunya rakyat Indonesia melakukan perubahan agar Indonesia mencerminkan kembali karismatiknya sebagai bangsa timur.
Pramuka adalah Salah satu wadah sebagai jawaban cita-cita pemerintah sekarang ini, karena Pramuka merupakan oraganisasi nasional yang bertujuan untuk membentuk para tunas bangsa yang memiliki nilai spritual dan mutu kualitas hidup yang kreatif dan inopatif .


Selain itu, tujuan pramuka adalah menjadikan kaum muda sebagai anggota masyarakat yang bermanfaat, patriot dan pejuang yang tangguh, serta menjdai calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan. Oleh karena itu, pramuka dapat dijadikan wadah untuk pembentukan karakter para kaum muda sebagai generasi penerus bangsa. Karena kaum muda merupakan agen of change yang menjadi acuan maju atau mundurnya kualitas bangsa.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pramuka melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat mengeksplorisasi pemikiran-pemikiran yang kreatif , inopatif, mandiri dan peduli. Baik yang sifatnya sebagai ajang persaingan agar adanya peningkatan mutu kualitas diri atau kegiatan-kegiatan yang dapat dirasakan oleh hal layak umum sebagai  pengabdian diri pada masyarakat. Ada suatu pandangan bahwa “ketika masuk pramuka maka anda berubah menjadi orang baik”. Hal seperti inilah yang menjadi cita-cita oleh bangsa indonesia sebagai karakter bangsa timur.



   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar